Thursday, May 15, 2008

LET’S WRITE

by
Desy Ayu Pirmasari

A journey of a thousand miles must begin with a single step (Lao Tze)

Menulis bukan merupakan hal baru lagi buat kita. Sejak kecil kita sudah diajari menulis, so ini tidak akan sulit untuk kita lakukan. Menjadi seorang penulis bukan bakat atau kepintaran yang dibawa sejak lahir. Orang bisa menulis karena mereka punya niat yang kuat untuk menulis dan menuangkan ide-ide mereka ke dalam bentuk tulisan. Apapun yang akan kita lakukan, tentu semuanya bermula dari satu langkah awal, sebagaiman ungkapan dari Lao Tze di atas.
Banyak orang beranggapan bahwa menulis itu sulit dilakukan, menulis itu perlu bakat, menulis itu butuh ini itu dan lain sebagainya. Ada yang merasa kurang PD dan ragu terhadap dirinya sendiri, dan tak sedikit yang merasa minder or beranggapan bahwa orang lain lebih baik darinya. Ragu, minder, kurang PD, merasa tidak bakat dan tidak mampu, belum siap, dan lain sebagainya sering dijadikan alasan atau pembelaan untuk tidak menulis. Padahal kita belum mencobanya. Jadi sangat tepat sebuah ungkapan yang mengatakan we’ll never know ‘til we have try. Bukankah kita bisa menjadi apa saja yang kita inginkan, dan kembali lagi syarat utamanya adalah kemauan yang kuat, ketekunan dan doa.
Nah, langkah awal untuk menulis adalah banyak membaca, browsing di internet, dan yang tak kalah pentingnya adalah mengamati lingkungan or fenomena di sekitar kita. Selain itu, kita juga bisa menambah pengetahuan kita dengan sharing dengan orang lain, terlebih lagi jika orang tersebut ahli di bidang yang kita diskusikan. Dari berbagai hal tersebut, kita pasti akan mempunyai persepsi tersendiri tentang suatu fenomena.
Berangkat dari hal-hal tersebut diataslah kita bisa membuat sebuah tulisan yang layak publish ataupun yang layak untuk diperlombakan. Dilihat dari berbagai sudut pandang, menulis tidak akan membuat kita rugi. Dari aspek ekonomi or lebih spesifik lagi dalam hal financial, menulis bisa menjadi lahan yang produktif untuk mendapatkan penghasilan. Pengetahuan kita pastinya akan bertambah, kita juga bisa memperoleh banyak kenalan dan juga teman. Menjadi terkenal juga bukan hal mustahil jika kita rajin menulis, dan yang tak kalah pentingnya, kita bahkan bisa jalan-jalan ke tempat-tempat yang mungkin belum pernah kita kunjungi sebelumnya.
Tidak banyak syarat yang dibutuhkan untuk bisa menulis, berikut beberapa tips untuk memulai menulis:
1. Jangan pernah berpikir dan beranggapan bahwa menulis itu sulit.
2. Perbanyak membaca (buku, jurnal, majalah, Koran, etc).
3. Rajin browsing di internet.
4. Amati fenomena yang terjadi disekitar kita
5. Jangan pernah ragu untuk memulai, karena jika awalnya kita sudah ragu maka langkah selanjutnya akan kita jalani tanpa keyakinan diri. Hasilnya, tulisan kita pun menjadi kurang meyakinkan.
6. Tulis saja terlebih dahulu apa yang ada di pikiranmu (perihal susunan dan bahasanya belakangan).
7. Setelah semua persepsi dan ide sudah kita tuliskan, baru kita pikirkan bagaimana susunan yang menarik dan tepat.
8. Pastikan tulisan kita memuat hal-hal unik or baru.
9. Hindari Plagiatisme, jika kita merujuk pada sebuah pendapat dari orang lain, tuliskan sumbernya.
10. Jangan lupa, fomat tulisannya seperti piramida terbalik. Dimulai dari hal-hal yang umum dahulu, baru kemudian ke hal-hal yang spesifik.
11. Ikuti aturan penulisan yang ditetapkan oleh lembaga/media penyelenggara.
12. Terakhir dan tak kalah pentingnya, jangan lupa berdoa mengingat doa adalah penopang saat kita terjatuh.
Jika tulisan kita tidak dimuat or tidak menjadi juara dalam sebuah lomba penulisan, kita tidak boleh menyerah karena kegagalan adalah bagian dari proses meraih sukses. Terus menulis, karena dengan terus menulis kita bisa terus memperbaiki kelemahan-kelemahan dalam tulisan kita sebelumnya.
So, let’s write… let’s make a first step and get everything we want. We will be the best, if we think we are the best.

1 comment:

Anonymous said...

aduh, tulisannya berat Bu!!
ini koment percobaan aja ya..