Thursday, December 4, 2008

Butet Manurung... The real hero


Barusan, aku baca kompas hari ini. di halaman dua, ada gambar yang membuatku sempat berpikir sejenak. aku melihat wajah yang rsanya tidak asing, wajah yang beberapa tahun lalu tampil sebegai ikon iklan Kompas di televisi.
Wanitas berambut panjang ikal ini, diundang Preseiden SBY ke Istana Negara. Dedikasinya selama ini dikatakan Presiden sebagai sesuatu yang patut ditiru oleh Departemen Pendidikan nasional. Siapakah dia???
Yup... Butet Manurung, Seorang pejuang pendidikan buat anak2 pedalaman di Jambi, dan pendiri Sokola Rimba. bernama lengkap saur marlina Manurung,wanita keturunan batak ini memilih untuk mengabdikan hidupnya untuk mengajar suku Anak Dalam atau Kubu di Taman Nasional Bukit 12 (TNBD) dan Bukit 30, Jambi.
mendedikasikan hidupnya bagi masyarakat pedalaman, bukanlah pilihan mudah. setiap orang mungkin saja memiliki keinginan yang sama, akan tetapi hanya beberapa orang saja yang berani untuk melakukannya.
saya takjub dengan wanita ini, dengan pendidikannya yang sudah menyelesaikan program magisternya, sebenarnya dia bisa bekerja di kota dan menjalani kehidupan metropolis. akan tetapi, inilah makna sesungguhnya dari "Life is a choice". a choice from the deepest of our heart.
Dedikasai Butet terhdap pembangunan masyarakat mengantarkannya meraih penghargaan “The Man and Biosphere Award 2001″ dari LIPI-UNESCO dan “Woman of the Year” (2004) versi ANTV.
saya yakin, bukan berbagai penghargaan itu yang dikejar Butet. karena setelah mendapatkan penghargaan tersebut, dia masih terus menyelami pilihannya.
orang seperti inilah yang seharusnya mendapat perhatian lebih dari para pemimpin bangsa. orang-orang yang mendedikasikan hidupnya demi memajukan tunas bangsa, tanpa mengharapkan pujian, sanjungan dang penghargaan dari para pemimpin. orang-orang yang rela meninggalkan kenikmatan dunia dan gemerlap kehidupan metropolitan dan memilih hidup bersama masyarakat yang jauh dari hingar bingar.
bagi saya, apresiasi setinggi2nya patut kita beriakan kepada Butet dan teman2nya yang telah mengabdikan diri bagi masyarakat negeri ini. saya berharap suatu saat, saya memiliki kesempatan untuk mengabdikan diri di bidang kemanusiaan juga. Tuhan, ku percaya kau mendengar harapan ini. amin...

3 comments:

Unknown said...

Terimakasih telah mampir di blog saya. Salam kenal. Semoga kita bisa berteman.

Salam,

HUSAMAH IRHAM RIDHA said...

kadang2 aku merasa minder.. aku gak sebaik itu (pikirku suatu ketika)..
kau terlalu sulit kami jangkau.. begitu jauh... jauh.. sungguhh
namun percayalah sobat..
apapun itu, kau bak bunga yang membuat kami tersenyum karena indah dan harummu...
ya..kaulah inspirasi..tuk selalu mencari sesuai hati dan keinginan..karena memang hidup adalah pilihan.. seperti katamu...
suatu saat ingin ku katakan bahwa...aku bisa mengikuti jejakmu..menjadi terbaik dan sukses..
sobat..FDI bangga pernah memiliki orang sepertimu..selamat berjuang..
salam dari FDI-MANIA..

Desy said...

wah jangan dipuji terus, ntar kegeeran. hehe
wah, bro lo juga hebat banget and lo udah ngebuktiin talent lo di dunia pendidikan demi kemajuan bangsa. menurut gua, Indonesia butuh banget orang2 kayak lo.
mba tika, sukses selalu ya... aku tau blog mba dari blog mba vero. mba vero teman sekantor saya, tapi dia tugas di makassar, and saya di jakarta. salam kenak juga mba.